Sabtu, 14 Juli 2012

Video Director

Mungkin selama ini yang sering kita denger Michael Bay, Stephen Spielberg atau Christoper Nolan dan kawan-kawan sebagai sutradara film blockbuster Hollywood sana. Tapi kalo pas buka Youtube ataupun video lain dengan viewers jutaan penonton pasti bedecak kagum apalagi kalo video musik tersebut keren!. Nah, siapa dibalik kesuksesan tersebut? sampe2 dalah sehari aja video klip bisa ditonton jutaan penonton, sebut aja video klipnya Suju, Katy Perry atau penyanyi lainnya.

Video director adalah gudang dibalik kesuksesan itu semua. Serangkan ide cemerlang dan konsep yang matang serta kesesuaian konsep dengan lagu akan membuat sebuah video klip menjadi dapat dimengerti. Tetapi, kadang ada video yang berkonsep jauh dari makna lagu, atau video klip yang hanya berkonsep simple tapi kreatif. Banyak jenis video klip yang ada saat ini, jutaan viewers pun berlomba2 klik Youtube, semisal penyanyi kesayangan mereka mengeluarkan video klip baru, namun nama Video Dierctor ini jarang ter-ekspose.

Marc Klasfeld, merupakan video director yang menurut saya cukup suskses dengan torehan penyanyi yang ia punggawai. Sebut saja 'When You're Gone'-nya Avril Lavigne, 'Just Want You To Know'-nya Backstreet Boys, 'Club Can't Handle Me'-nya Flo Rida, 'TGIF'-nya Katy Perry, 'Untitled' dan 'Crazy'-nya Simple Plan dan masih bnayak penyanyi lain yang ia tangani. Mungkin namanya sudah terkenal dalam kalangan Hollywood, tetapi bagi penikmat video musik seperti kita? belum tentu.

Marc Klasfeld

Atau Bartholomew Cubbins alias Jared Leto yang menggunakan nama samaran dalam menggarap musik video klip 30STM 'Kings and Queens' tersebut, sepeda Fixie menjadi trend semenjak itu. Selain 'Kings and Queens' dia juga menyutradari lagu 30 Second To Mars lainnya 'From Yesterday' dan 'Hurricane'

Jared Leto

Nama Michael Bay sang sutradara film-pun pernah duduk di bangku sutradara musik, kebanyakan band rock taun 90-an yang ia tangani. Ada Matt Whitecross yang menyutradarai video clip 'Every Teardrop is Waterfall' Coldplay yang keren dengan ide foto stop motionnya tersebut. Ada Chris Applebaum yang sejak tahun 1992 menangani video klip mulai dari angkatan penyanyi pada masa itu sampai sekarang jamannya penyanyi Hilary Duff, Britney Spears, M2M, Mandy Moore, Semisonic, dan masih banyak yang lainnya. Sarah Chatfield merupakan sutradara musik yang menangani Christina Perry 'Arms'.

Penghargaan2 untuk music director biasanya ada dalam acara2 seperti MTV Music Awards, atau penghargaan Academy Music Awards seperti itu. Namun sang sutradara musik juga tidak akan bisa bekerja dengan baik tanpa sang punya lagu dan sang penyanyi, ditambah kru2 lainnya. Walaupun gk seribet nyutradain film yang butuh waktu berminggu atau berbulan2, ide dan konsep adalah harga mati dari sebuah musik video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ditunggu komentarnya ya kawan-kawan, itu akan sangat bermanfaat bagi saya. terima kasih