Sabtu, 07 September 2013

masa sekolah dasar itu...

Seberapa dekat kita dengan temen2 jaman SD kita? atau masih inget kalian ama para guru SD? padahal masa2 sekolah dasar itu masa2 yang sulit buat bikin kepribadian kita kelak, mengatur sifat kita yang masih anak2 dan saling pengertian.

Baru2 ini saya liat K-drama yang judulnya "The Queen Classroom" (big thanks to mba Eka, for recommended). Awalnya males juga sih liatnya, soalnya tau kan drama itu bersambung2 dan memakan waktu berjam2 buat liatnya. Well, akhirnya kelar juga liat drama ini.


Bercerita tentang sebuah kelas di SD Seundeul, kelas 6-3 punya wali kelas baru yaitu guru Ma Yoe Jin, guru Ma (panggilannya) sering dijuluki nenek sihir atau nenek Ma oleh anak didiknya, lantaran kedisiplinannya tingkat tinggi dan cara mengajarnya terbilang 'keras' buat anak SD. Semisal membenarkan adanya diskriminasi siswa berdasarkan nilai, siapa yang nilainya jelek (berdasarkan kuis mingguan) dia bakalan jadi ketua kelas yang kerjanya bersih2 kelas (kaya babu). Tidak membolehkan siswa ijin ke toilet pas ujian berlangsung, keputusan mutlak adalah ditangan wali kelas, siapa yang nentang dia yang bakalan 'ditendang'.

Namun, seiring sistem pelajaran yang diterapakannya banyak berdampak pada pola pikir dan cara pandang siswanya dalam menghadapi suatu masalah yang dialami oleh setiap siswanya, baik disekolah maupun di luar sekolah. Guru Ma ini seneng banget nguji siswa nya lewat suatu perbuatan yang kadang emang dia sengaja bikin tuh anak nge-drop dulu biar bisa bangkit dan lawan masalahnya dengan kata2 tajam dan bermaknanya. Tapi, dibalik itu semua dia pengen anak2nya setia kawan, saling pengertian dan siap ngadepin dunia nyata dan kenyataan yang bakalan mereka hadapi dikemudian hari.

characters
Guru Ma, disiplin, tegas, dan misterius
Shim Ha Na, siswa paling ceria. Banyak diuji guru Ma, soalnya dia paling setia kawan dan peduli terhadap sesama.
Eun Bo Mi, diuji buat nemuin siapa temen yang bener2 sayang ama dia. termasuk siswa dengan nilai terburuk, tapi pinter gambar manga.
Kim Soe Hyun, siswa paling pintar dikelas. Peduli dan setia kawan, awalnya dia dingin karena masalah keluarga.
Oh Dong Goo, disebut joker dikelasnya. Anak yatim piatu (awalnya), sering bolos dan setia wakan.
Kalo liat drama ini, banyak pelajaran yang diambil. Apalagi dalam memandang suatu masalah. Kata2 'mutiara' yang sering dilontarin ama guru Ma, bener2 bikin para anak2 dan kita jadi mikir apa maksud dari omongannya tersebut.

Bagus buat diliat oleh semua umur, tapi dengan bimbingan orang tua. Soalnya ada beberapa adegan kekerasannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ditunggu komentarnya ya kawan-kawan, itu akan sangat bermanfaat bagi saya. terima kasih